A. Arthur
S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Definisi Psikologi pendidikan
adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan
masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
·
Penerapan
prinsip-prinsip belajar dalam kelas
·
Pengembangan
dan pembaharuan kurikulum
·
Ujian
dan evaluasi bakat dan kemampuan
·
Sosialisasi
proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah
kognitif
·
Penyenggaraan
pendidikan keguruan
B.
Barlow
(Syah, 1997 / hal. 12)
Definisi Psikologi
pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang
menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas
seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
C.
Tardif
(Syah, 1997 / hal. 13)
Definisi Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang
berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk
usaha-usaha kependidikan.
D. Witherington
(Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan adalah
studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan
dengan pendidikan manusia.
E. (Borich
& Tombari, 1997)
Pengertian Psikologi
pendidikan ialah satu disiplin yang memfokuskan kajiannya
kepada pengetahuan teoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan
pembelajaran dalam bilik darjah
F. (Whiterington,
1982:10)
Pengertian Psikologi
pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan
faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah
proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar.
G. (Banks
& Thompson, 1995)
Pengertian
Psikologi pendidikan adalah Kajian tentang perlakuan atau
tingkah laku manusia dalam proses pengajaran dan pembelajaran dalam bilik
darjah.
H.
Psikologi pendidikan Menurut
Pandangan Democritus
Democritus,
filsuf pertama yang menekankan pentingnya pengaruh lingkungan dan suasana rumah
terhadap perkembangan kepribadian seseorang sehingga lingkungan dan suasana
rumah perlu dibina sebaik mungkin agar suasananya kondusif (menguntungkan) bagi
perkembangan anak.
I. Psikologi pendidikan Menurut
Pandangan Plato dan Aristoteles
Plato
dan Aristoteles mengembangkan sistem pendidikan berdasarkan pada
prinsip-prinsip psikologi. Mereka menulis tentang model-model pendidikan yang
diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berbeda-beda.
J.
Psikologi pendidikan Menurut
pandangan John Locke
Menurut
Locke, seluruh pengetahuan pada hakikatnya berasal dari pengalaman. Apa yang
kita ketahui melalui pengalamanitu bukanlah objek atau benda yang hendak kita
ketahui itu sendiri, melainkan hanya kesan-kesan pada pancaindra kita.
Jadi, Pengertian psikologi pendidikan secara singkat adalah ilmu-ilmu psikologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan.
Jadi, Pengertian psikologi pendidikan secara singkat adalah ilmu-ilmu psikologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan.
K. Psikologi pendidikan Menurut
Pandangan Rousseau
Rousseau
(seorang penganut Naturalis), mendasarkan ide-ide pendidikan pada
prinsip-prinsip perkembangan manusia. Oleh karena itu, memahami prinsip-prinsip
perkembangan adalah penting untuk perlakuan dalam pendidikan
DAFTAR
PUSTAKA
Artikelnya mantap, sekalian saya minta ijin untuk di saya jadikan referensi dari situs tentang psikologi.
BalasHapusyang memuat tentang
Tokoh Psikologi
Teori Psikologi
dan
Psikologi Kepribadian
terima kasih,
salam kampusungu.com
terima kasih artikel nya sangat bermanfaat
BalasHapusMy blog
baik sekali :)
BalasHapushttp://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fyantox_ska.wordpress.com
Izin share yaaa
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus