Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Rabu, 14 Mei 2014

Definisi Multimedia Pembelajaran


Definisi Multimedia Pembelajaran :

1.      Ali (1992)
berpendapat bahwa “Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapar memberikan rangsangan untuk belajar

2.      Arif S. Sadirman (1984)
berpendapat bahwa “Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti Filn, buku, dan kaset.

3.      Arsyad, 2002; Sadiman, dkk., 1990
mengatakan bahwa mediadapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media dapat berupa sesuatu bahan (software) dan/atau alat (hardware).

4.      Association of Education and Communication Technology (AECT)
mengatakan bahwa media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi.

5.      (Gagne, et al., 1988)
mengatakan bahwa pengertian sebagai medium atau mediator, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar -siswa dan isi pelajaran. Sebagai mediator, dapat pula mencerminkan suatu pengertian bahwa dalam setiap sistem pengajaran, mulai dari guru sampai kepada peralatan yang paling canggih dapat disebut sebagai media.

6.      Latuheru(1988:14)
menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.

7.      Rohani (1997 : 2)
media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi.

8.      Djamarah (1995 : 136)
media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran.

9.      Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4)
media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

10.  Kemp dan Dayton (1985:3)
mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sander) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).

11.  (Santoso S.Hamijaya).
Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai untuk menyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima

12.  (McLuahan)
Media adalah chanel (saluran) karena pada hakekatnya media memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia unruk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu. Dengan bantuan media batas-batas itu hampir menjadi tidak ada

13.  Wong
 mengartikan media adalah sebagai alat atau mekanisme untuk menyalurkan
pesan keindraan siswa/ sasaran didik.

















Daftar Pustaka

http://fitrianielektronika.blogspot.com/2013/04/pengertian-media-pembelajaran-menurut.html
Abdul Karim H. Ahmad (2007), Media Pembelajaran, Badan Penerbit UNM, Makassar

0 komentar:

Posting Komentar